Sabtu, 13 September 2008

Kebersihan Keyboard dan Mouse!

Saat ini, hampir sebagian masyarakat Indonesia melakukan aktifitas kesehariannya menggunakan komputer. Sayang, belum banyak yang mengetahui bahaya penggunaan komputer bagi kesehatan. Komponen komputer yang manakah yang paling sering Anda pegang? Jawabannya pasti merujuk ke Keyboard dan Mouse. Pertanyaan ini berkaitan dengan kebersihan kedua komponen tersebut yang berpengaruh terhadap higienisme tangan Anda.

Meskipun terlihat bersih karena sering digunakan, bukan berarti Keyboard ataupun Mouse komputer Anda benar-benar bersih. Hal itu karena secara tidak sengaja jari dan telapak tangan Anda berfungsi seperti kain pembersih untuk menghilangkan debu yang menempel di permukaan tombol Keyboard ataupun Mouse.

Padahal, kenyataanya tidaklah demikian. Sebuah riset yang dilakukan Kingmoor Technical Services untuk majalah komputer Which? Computing dari Inggris menunjukkan bahwa Keyboard dan Mouse komputer lima kali lebih kotor dibandingkan dengan dudukan toilet. Kedua komponen itu merupakan tempat ideal bagi bersemayamnya berbagai macam bakteri. Riset Kingmoor menyebutkan bahwa Keyboard menjadi sarang paling nyaman untuk bakteri Escherichia Coli (E Coli) Staphylococcus Aureus (S Aureus).

Dalam dunia kedokteran, E coli dikenal sebagai bakteri penyebab infeksi saluran pencernaan, seperti diare dan gejala sakit perut lainnya. Sedangkan bakteri S Aureus merupakan bakteri penyebab impetigo (pembengkakan pada lapisan epidermis kulit), furuncle (radang di jaringan subkutan), dan carbuncle (peradangan yang meluas dan mengenai folikel rambut).

Riset Kingmoor Technical Services tersebut mengungkapkan tiga faktor penyebab bersemayamnya bakteri di Keyboard, yaitu keengganan pengguna komputer mencuci tangan setelah buang air, sisa makanan, dan debu. Memainkan Keyboard dan Mouse sehabis buang air kecil - apalagi buang air besar - tanpa mencuci tangan dengan bersih sama saja dengan memindahkan bakteri ke kedua komponen komputer tersebut.

Jadi, secara tidak sengaja Anda sehari-hari berteman akrab dengan kedua bakteri tersebut. Bayangkan, setelah menggunakan komputer, tanpa mencuci tangan terlebih dahulu Anda mengunyah makanan dengan tangan telanjang.

0 komentar:

Posting Komentar